Jumat, 26 Juli 2013

Statistika Deskriptif Bersama Hans Rosling

Statistika deskriptif yang disajikan oleh Hans Rosling merupakan diagram/grafik statistik, yaitu scatter plot. Scatter plot digunakan untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel yang menjadi perhatian peneliti/pengamat. Hans Rosling menyajikan scatter plot dari waktu ke waktu dengan tujuan untuk menunjukkan perkembangan dari hubungan antara kedua variabel tersebut dari waktu ke waktu. Hans Rosling memiliki pertanyaan tentang Apakah beberapa agama memiliki tingkat kelahiran yang lebih tinggi daripada yang lain, serta bagaimana hal ini mempengaruhi pertumbuhan populasi global. Dalam pembicaraan TEDxSummit di Doha Qatar, dia menyajikan grafik data dari waktu ke waktu untuk seluruh agama. Dengan humor khasnya dan wawasan tajam, Hans menunjukkan kesimpulan yang mengejutkan bagi tingkat kesuburan dunia. Berikut video yang ditayangkan di Youtube:


Pada video kedua ini, Hans Rosling menyajikan scatter plot dari data Tingkat Kesuburan versus Harapan Hidup Kelahiran dan data Gross Domestic Product (GDP) per kapita versus Kelangsungan Hidup Anak. Selanjutnya, Hans Rosling menggunakan kurva distribusi Normal untuk menggambarkan pendapatan per tahun dari populasi di dunia.


Software yang digunakan oleh Hans Rosling adalah Gapminder Desktop. Software ini dapat di-DOWNLOAD. Informasi lebih lanjut lihatlah video berikut ini.


Referensi

0 komentar:

Poskan Komentar